THE BAY (2012)

90 komentar
The Bay adalah sebuah horor mockumentary garapan sutradara Barry Levinson. Sebuah horor mockumentary memang saya akui punya kelebihan dalam menakuti penontonnya, dimana suasana dibuat terasa nyata dan juga membuat tingkat keseraman serta ketegangannya meningkat dibanding film horor yang disajikan secara "normal". Dalam The Bay, teknik mockumentary memang berguna untuk menciptakan suasana senyata mungkin sehingga mampu membuat penontonnya merinding tanpa perlu adegan mengagetkan, gore berlebihan ataupun penampakan makhluk seram. Menonton The Bay saya jadi sedikit teringat dengan Contagion arahan Steven Soderbergh, dimana kita akan diajak melihat penyebaran sebuah penyakit misterius yang dalam waktu singkat membunuh begitu banyak orang. Alkisah di sebuah kota kecil yang terletak di Maryland sedang diadakan Festival 4th of July, dan Donna Thompson (Kether Donohue) yang merupakan seorang penyiar televisi baru ditugaskan meliput acara tersebut. Awalnya semua berjalan lancar dan yang terlihat hanya tawa yang mengiringi kegembiraan para penduduk kota. Sampai kemudian kengerian secara perlahan mulai menyelimuti seiring dengan menyebarnya sebuah penyakit misterius yang satu persatu mulai membunuh penduduk kota.

Yang patut diperhatikan adalah bahwa The Bay bukanlah sebuah film horor dengan cerita yang bodoh. Mungkin naskahnya tidak spesial, tapi ceritanya masih cukup berbobot. Naskah dari Michael Wallach masih sempat memberikan gambaran bagaimana perbuatan manusia yang tidak peduli akan lingkungannya dapat berujung pada bencana tragis seperti dalam film ini. Selain itu, The Bay juga begitu baik dalam menyimpan misterinya. Sedari awal penonton sudah tahu ada hal mengerikan yang terjadi di kota tersebut namun coba ditutupi oleh pemerintah. Tapi kita tidak tahu pasti apa sebenarnya yang terjadi, apakah sebuah penyakit? Serangan monster? Atau hal lainnya? Misteri tersebut disimpan dengan rapih dan membuat penonton penasaran akan fakta yang sebenarnya. Tapi sedari awal film ini sudah memberi gambaran lewat cerita Donna Thompson tentang bagaimana mengerikannya kejadian pada hari itu. Hal tersebut mampu membuat tensi film ini sudah menegangkan dari awal dan tetap terjaga meskipun momen horornya belum muncul. Sayang The Bay ditutup dengan sebuah konklusi yang begitu anti-klimaks dan kurang greget, padahal klimaksnya sudah lumayan menegangkan.
The Bay juga sanggup memaksimalkan teknik mockumentary dengan baik. Memakai aktor dan aktris yang tidak terkenal, pemakaian berbagai jenis kamera mulai dari kamera televisi, CCTV hingga handphone membuat filmnya terasa cukup nyata. Kengerian dimulai dengan begitu efektif saat tiba-tiba ada seorang wanita yang berjalan dengan tubuh berlumuran darah dan mengatakan hal-hal yang tidak jelas. Perlahan teror mulai meluas dan The Bay pada akhirnya sanggup menyuguhkan sebuah histeria masal dengan begitu mengerikan sekaligus realistis. Kengerian datang bukan dari adegan penuh darah (meski ada cukup banyak darah tumpah dan efek penyakit yang terlihat menjijikkan) ataupun momen mengagetkan (meski tetap muncul beberapa momen serupa yang efektif) tapi lebih berusaha membangun suasana mencekam yang terasa nyata. Semua nyata dan mencekam karena terornya muncul dari hal yang bisa dibilang realistis dan mungkin terjadi, yaitu penyebaran penyakit. Teror dalam The Bay memang masih logis jika terjadi di dunia nyata, meski pada akhirnya saat misteri terungkap sisi logisnya cukup berkurang.

Narasi The Bay memang berpusat pada liputan yang dilakukan oleh Donna Thompson, tapi kita tidak hanya dibawa untuk melihat dari sudut pandang sang reporter saja, tapi juga lewat beberapa karakter lainnya. Mungkin karakter-karakter yang ada tidak sampai mengundang simpati, bahkan karakter Stephanie dan keluarganya yang menjadi pusat di klimaks tidak sampai membuat saya terlalu peduli pada mereka. Tapi setidaknya tiap-tiap kisah mereka masih terasa cukup menarik dan sanggup menyajikan ketegangan. The Bay jelas sebuah sajian mocku-horror yang unik dan cukup mencekam. Tidak sampai membuat saya sangat ketakutan tapi tetap mampu menghadirkan sebuah tontonan dengan tensi yang terjaga dan misteri yang membuat penasaran. Saya suka bagaimana The Bay sanggup tampil beda dari kebanyakan horror mockumentary yang lebih sering menyoroti kisah rumah berhantu dan segala hal yang berkaitan dengan teror makhluk halus. The Bay memang hanya sebuah film horor dengan bujet rendah, tapi kepintaran dalam memanfaatkan teknik mockumentary membuat efek CGI dan berbagai aspek visual lain yang sebenarnya seadanya menjadi terlihat begitu nyata dan meyakinkan.

90 komentar :

  1. Anonim3:46 PM

    ini bisa jadi film bagus kalo aja ga dibikin kaya dokumnter

    BalasHapus
  2. Siapa yang nonton di transtv hari ini tanggal 5 Jan 2017, komen dibawah ya. Kita seru-seruan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk lg nonton judul lsg nyari sinopsis nya nih

      Hapus
    2. Q juga...
      Penasaran sm filmnya

      Hapus
    3. Q juga...
      Penasaran sm filmnya

      Hapus
    4. Hadir juga.. Kepo sichhh

      Hapus
    5. Aku nonton..

      Aku kira film apa..
      Penasaran akhirnya browsing deh cari penjelasan..
      Tahunya film mockumentary horror
      Sebenarnya aku kalo nonton film horror agak takut sih, bukan agak sih tapi takut..

      Tp pas liat darah/penyebaran Virus2 agak shock.. Huft...
      Degdegan... Ya ampun
      Baru kali ini nonton horror bentuknya kek gini... Keren sih bagus tapi tetep aja agak takut...
      Hehehehe sorry kak banyak omong...
      Katanya di suruh komen yaudah... Hahhaha...

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. hahaaaa.. gue bru baca udh rame nii

      Hapus
    8. Ane gan wkwkwkkwk, INI lagi nonton

      Hapus
    9. Apa cuma gue disini yang baca dulu jalan cerita sebelum nonton di TV

      Hapus
    10. Banyak yang disensor

      Hapus
    11. Akuu hahaha udah pernah nonton tapi lupa jadi aja baca lagi sinopsisnya ehehe

      Hapus
    12. Kirain di indonesia cuma ane aja yg nnton . Wkwk

      Hapus
    13. Kirain cm gw yg nyari sinopsis tiap liat film yg lg tayang. I'm not alone

      Hapus
    14. Ane nonton juga... menakutkan ada parasit begitu hiiii

      Hapus
    15. Wkwkwkk
      Tapi emang penasaran juga, sebelum anti klimaks itu beneran dirasakan. Tutup report sebar klorin dh selesai film πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
    16. Aku wkwkwk lgsg kepo ini real ato ndak wkwwk mantap souls

      Hapus
    17. Oh iya btw tu cewek yg "bawa bayi"
      Sama yg di skype yg critain beda kan?
      Yg cewek yg slamet tu yg dia ngmg klo dia sendirian ya? Yg gendut itu kan?

      Hapus
    18. Seru bro... filmnya. Penggunaan kameranya membuat yang menonton seperti berada di adegan sungguhan

      Hapus
    19. seru bro... yg paling saya suka ada saat seorang wanita menelepon 911 sambil nge vidio lewat kamera ponsel ada nya seorang wanita yg nangis smbil berjalan dan berlumuran darah didepan rumah nya

      Hapus
    20. Wkwkwkk
      Tapi emang penasaran juga, sebelum anti klimaks itu beneran dirasakan. Tutup report sebar klorin dh selesai film πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. aku lagi lihat ini. Mengerikan, tapi belum tau jalan ceritanya.

    BalasHapus
  5. Wkwk penasaran ama tuh penyakit:v jdi nya cari di mbah google

    BalasHapus
  6. Kamu pasti penasaran makanya cari digogle sinopsisnya

    BalasHapus
  7. Penyakitnya asalnya drmana sih? Aq lg nonton juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari parasit, bakteri ... pembuangan limbah seperti kotoran ayam, dll

      Hapus
  8. Penyakitnya asalnya drmana sih? Aq lg nonton juga nih

    BalasHapus
  9. Boring filmnya. Terlalu muter muter untuk tau masalah dlm cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. FILM RA JELAS KOK DI TONTON ... FUCK FILM ..FILM.PALIMG WAGU SEPANJANG SEJARAH

      Hapus
    2. FIM RA JELASS ..... WAGU FILM PALING JELEK SEPANJANG SEJARAH PERFILMAN ..FAK FAK

      Hapus
    3. Ya ga usah butthurt gtu lo, lagian klo jelek knapad cari sinopsisnya? Elah ttong πŸ˜’

      Hapus
  10. Ketauan pada kepo semua :v wkwk

    BalasHapus
  11. guee dan ini cari sinopsisnya terus nemu ini hahahha

    BalasHapus
  12. Hahaha. Banyak yg penasaran juga yaa

    BalasHapus
  13. sumpah. nonton bareng teman. pada debat. "itu asli bukan sih?" "dari kisah nyata?" taruhanpun dimulai. dan pada akhirnya kepikiran juga "rekayasa(gak nyata) bro. ya kali kalo asli masa kaga muncul di berita. telolet amat" :'v jirr gua tegang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps.. tapi di berita online ada kok kejadiannya tahun 2009,persis kek di film,tpi klo yg mati smp 700 org lebih wkwkkw keknya ga deh

      Hapus
  14. Kayaknya penyebabnya karna efek nuklir yg bocor atau apalah... nyoba2 nebak

    BalasHapus
  15. And lagi nonton no, penasaran Dari mana tu penyakit dateng, kek nya mutasi gen parasitnya wkwkw

    BalasHapus
  16. FUCK THE FILM .. RA JELASSS. WAGUU ..ASUU WAGUNE POLLLLLLL. JANCUK JGN PADA NONTON

    BalasHapus
  17. Hehe... Ni juga lagi nonton. Searching2 resensinya nyasar kesini ��

    BalasHapus
  18. film kok rekaman rekaman ..asu asu rajelas

    BalasHapus
  19. Ada penampakan hntunya gk ni film ?

    BalasHapus
  20. FILM PALING WAGU SEPANJANG SEJARAH

    BalasHapus
  21. Ada penampakan hntunya gk ni film ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diusahakan ada pak :v

      Hapus
    2. Wkkww gak ada coy,ni dokumenter lebih ke dunia virus,darah crot" gitu wkkw kyk cloverfield gtuu

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Hahaha hampir ketipu nih..mknya brosing...ternyata eh trnyata sebuah film doang...

    BalasHapus
  24. Anjayy jadi kayakkayak ruang kumpul :v wkwk

    BalasHapus
  25. FILM ASU .GA JELAS CRITANYA ..PENGAMBILAN GAMBAR JELEKKKK .FAKK SANGAT JELEK ..KARENA TIDAK ADA KAMERAMEN DALAM FILM INI .TERLIHAT BODOH ....SUTRADARA DAN PEMBUAT FILM.TOLOLLLL ANJING ..TELOLET

    BalasHapus
  26. IKI FILM APA ACARA JEJAK PARANORMAL??/ SHOTINGAN FILM.E KOK DI REKAM DEWEK .. PEJUH NGASUUU FAKKK

    BalasHapus
  27. Lebih sereman film Chernobyle Diaries

    BalasHapus
  28. Itu si NOVAL komen emang BISA bikin film? Ngakak sendiri liat komenannya Anjirrrrrr wkwk

    BalasHapus
  29. Yah br ditonton.... Iklannn....

    BalasHapus
  30. Gua jg lg nonton. Hahaha

    BalasHapus
  31. Mantaps film nya greget..

    BalasHapus
  32. Mantaps film nya greget..

    BalasHapus
  33. Gua jg lg nonton. Hahaha

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. wkwk, blognya naik rating nih

    BalasHapus
  36. wkwkwk ternyata rame yg mampir dimari ngepoin filmnya, gw jadi maluπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  37. udah selesei, congrats wkwk

    BalasHapus
  38. Barusan selesai ni film
    Btw ni crita nyata? Real story gtuu
    40% penduduk nya matii
    Tpi tu byk yg dipotong scene nya,ada yg wajah org nya di gede in..jadi bingung critanya

    BalasHapus
  39. udah udah selese kok hahaha

    BalasHapus
  40. Btw tdi kan dia ngmg si cewek yg slamet,kali to gara" isopod (kayak larva trs berkembangbiak jadi kek kecoa,tpi hewan laut..
    Asalnya dari kotoran ayam,lalu dimakan sama ikan dan hewan laut lainnya,tdi ngmg juga kan perayaan merdeka amerika (4 juli) ,mereka ada yg makan kepiting,seafod" gitu malah ada yg diminum airnya lgsg,ada yg utk cuci muka,lgsg virus nya menyebar ke tubuh,yg diserang kulit dulu,sampai memerah baru final di keronkongan sampai digerogoti abis,akhirnya mati...
    Mnurut gw sma sumber lainnya klo ni pyebab nya kan serangga,klo ada hubungan sama nuklir dikit bgt,tpi siapa tau aja ada hubungannya,tpi ya klo gue ada hubungannya sama "nuklir yg agak bocor ada tahun 2002" kata bapak bapak di skype sama bagian risetnya
    -sekian-

    BalasHapus
  41. Baru keingetan kek film horor dokumenter " Keramat",lebih seru itu malah kwwk

    BalasHapus
  42. Wahh rame XD

    Kalau dari sudut pandang saya sih penyebarannya memang berasal dari microorganisme isopod, nah kenapa kok microorganismenya bisa segede bagong? Disini saya lihat ada 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama si isopodnya bermutasi karna terkena efek radiasi nuklir yg sempet bocor pada 2002, tapi dipikir lagi kemungkinan ini masih di bawah 50%, karna rentang waktu antara kebocoran reaktor dan penyebaran wabahnya terlalu jauh.
    Lalu kemungkinan ke 2 dan menurut saya paling masuk akal adalah isopod itu bisa pertumbuhannya sangat cepat karena memakan sisa sisa vitamin dari kotoran ayam, di salah satu scan dijelaskan bahwa ada semacam vitamin (koreksi bila salah) untuk ayam yg efeknya adalah mempercepat pertumbuhan, nah mungkin saja si isopod makan kotoran ayam yang setiap tahunnya mencemari teluk tersebut lambat laun sisa vitamin si ayam membawa dampak pada isopod. Itu sih

    BalasHapus
  43. Kerennn lah film nya .. Sampe serius cmn sayang diakhir film kurang pemanis gtu.

    And i wanna say something about you Noval "Please dont judge this movie! Can you make it?
    ..So please jaga perkataan anda itu lho.

    BalasHapus
  44. gw juga baru nonton, jujur bikin merinding ni pilem , tp sayang endingnya cuma begituan doank, gak detail penyelesaian masalahnya gimana, gak di pilemin. karna penasaran kisah sebenarnya gimana, carilah saya ke mbahh gogel, ehh nyasar dimari ..
    ternyata cuma pElem, gw kira kisah nyata ..
    tp pElem ini berhasil bikin gw tegang . hahahhh

    BalasHapus
  45. Tuk lebih tau cari aja google tpi infonya pake b.inggris,ada yg omong real dan fake,tpi cewek aslinya yg selamat ada kok yg diwawancarai wkwkkw,yg ptg ni film cukup gokil,ntah abis ni bisa tidur atau gk..takut bawah gw ada ipod...
    Eh isopod..

    BalasHapus
  46. Terus tau" ada isopod tu dri mana?
    Ada yg tau juga isopod tu spesifiknya kek apa,dri tdi di film cmn sensar sensor mulu,tadi tu pas dibuka mulut ikannya di opening filmnya sama dibelah perut ikannya ada cacing(larva to apa gtu) masih gerak hahahaha hoek,brti itu jga lgsg bisa masuk ke tubuh,terus yg suami nya mati diakhir film yg punya bayi tu katanya nelen sesuatu pas renang,brati yg kyk kecoak itu masak dia sadar tpi gk dimuntahin..brti ada 2 bntuk gitu

    BalasHapus
  47. Oiya ni film emg ga real,brusan liat blog asing,siapa tau kyk blair with project kwkww
    Tinggal nungguin "Awakening" yg ghosthunter wkwkw tpi keknya kurang gercep deh tu film

    BalasHapus
  48. kepo semua,,,termsuk saya sendiri,,wkwkwkwk.....

    BalasHapus
  49. Saya ngeliat banyak yang bilang
    " film apaan ni! "
    " gaje!"
    "Tidak berbobot!"

    Saya cuma mau bilang kalau film ini menurut saya kereeen...
    Terus saya liat kebanyakan nonton di trans tv kemaren.
    Saya mau jelasin kalau yang di tv itu filmnya DIPOTONG2! DISENSOR! DIHILANGIN2 ADEGANNNYA!

    Ya sama tau ajalah nasib tv indonesia sekarang..

    Nanti kalau ditayangin filmnya tanpa sensor2 atau di potong2 nanti dilaporin😰 dituntut, di denda lah..

    Jadi mau tak mau dihilangin deh bagian2 filmnya yang berdampak MEMBUAT FILMNYA MENJADI JELEK , GAJE, ANEH, WTF, DAN OTOMATIS KITA MENJADI GAK TERLALU TERTARIK LAGI..

    JADI SAYA SARANIN KALAU MAU CARI TAHU FILM ITU (BERDAMPAK KE SEMUA FILM MAU FILM BARAT, INDONESIA, DLL) SEBAIKNYA JANGAN NONTON DI TV.

    MAAF BUKANNYA SAYA MELARANG ATAU MENGHINA PIHAK TV, TAPI SAYA KECEWA BANGET SAMA PERATURAN PEMERINTAH YANG NGGAK NGEBOLEHIN INI LAH, ITU LAH,DAN MENURUT SAYA (MAAF) MUNA.

    SAYA MINTA MAAF KALAU ADA YANG TERSINGGUNG YA..
    MAU UNGKAPIN KEKECEWAAN AJA😝😫

    Jadi saya saranin kalau mau nonton film itu sebaiknya nonton yang aslinya dulu yang GAK DIHILANGIN GAMBAR2NYA , YANG GAK DISENSOR.

    Baru KASIH KOMENTAR BAGAIMANA FILMNYA
    OK!πŸ˜‹

    Hargain dong yang ngebuat film!

    Dan kalau nonton tv anggap aja itu baru sebagian trailernya . Dan kalau penasaran atau merasa ada yang ganjaltonton aja sampe abis .
    Kalau udah abis baru cari film aslinya.

    Thanks.
    Btw, saya brisik amat ya?
    Hehehehehehe😁
    Moon dimaklumi yah pemirsah!

    BalasHapus